Kotak Musik

FOTO YANG BAIK TIDAK SEKEDAR INDAH

3 Foto Terbaik GRAND FINAL


Ibu kota Jakarta menjadi puncak dari rangkaian Roadshow Journalistic Photography Workshop, Hunting, and Photo Competition Dari Balik Lensa tahun 2014. Sebanyak 11 peserta dari 2 pemenang setiap kota yaitu Bandung, Jakarta, Makassar, Yogyakarta, dan Pangkalanbun serta satu pemenang photo competition microsite dikumpulkan untuk mengikuti grand final yang mengangkat tema Kehidupan metropolitan pada 5-7 Desember 2014.

Dengan mengangkat tema yang berbeda dari workshop sebelumnya, mentor memberikan pembekalan kepada peserta terkait kesesuaian tema yaitu foto human interest di hari pertama.

Potret dari kehidupan seseorang yang menggambarkan suasanan atau mood dan menimbulkan simpati dari orang yang melihatnya.

Peserta kemudian diberikan kesempatan hunting ke beberapa lokasi di Ibu Kota seperti Monumen Nasional dan Kawasan Kota Tua.

Pserta mengumpulkan tiga foto terbaik yang kemudian dinilai oleh mentor dan peserta secara bersama-sama.

"Jika memotret kehidupan manusia tampilkan ekspresi, gestur, dan suasana sebagaimana adanya. Banyak fotografer yang sebenarnya memiliki kesempatan mendapatkan goto terbaik, tapi karena kurang sabar sehingga hasilnya tidak maksimal. Ketika sudah mendapatkan sesuatu objek foto yang menarik kejar sampai mendapatkan hasil yang maksimal," kata Kepada Divisi Artistik dan Foto Media Indonesia Hariyanto.


"Sebagai editor foto, setiap hari saya melihat ratusan bahkan ribuan foto, baik yang dihasilkan oleh fotografer Media Indonesia atau agensi foto seperti AFP, AP, Reuters dan Antara. Saya sudah imun atau kebal melihat berbagai macam foto yang hanya sekedar indah, tetapi miskin makna, oleh sebab itu berilah foto yang meiliki pesan kuat dan mampu menggugah orang yang melihatnya. Sehingga tidak ada alasan untuk tidak memilih foto tersebut," pungkas Hariyanto.