Kotak Musik

PEMENANG HARI IMLEK 2556


TAHUN baru Imlek pada Kamis, 19 Februari 2015, dihitung sebagai tahun Kambing Kayu. Ada harapan baru untuk menjalankan hari-hari penuh rahmat. Terlebih, hewan ini juga diyakini perlambang terbukanya harapan baru untuk kehidupan lebih baik.

Merayakan Imlek tahun ini, Media Indonesia menyelenggarakan kompetisi foto bertajuk Harmoni Imlek 2566. Dewan juri yang beranggotakan para editor foto Media Indonesia memilih tiga dari ratusan foto yang dikirimkan ke redaksi.

Keluar sebagai juara pertama, yakni foto parade pawai Liong Batik sepanjang 159 meter yang tengah unjuk kebolehan pada pembukaan Pekan Budaya Tionghoa Yogyakarta (PBTY)X 2015. Foto tersebut diabadikan Angga Ari Fibuanto.

Juara kedua diraih Aji Styawan. Ia mengabadikan sejumlah anak-anak yang memberikan uang angpaw ke Barongsai. Sementara posisi ketiga dimenangi Ahmad Samsudin yang mengabadikan seorang perempuan berdoa dengan ekspresi khusyuk dan penuh harap.


Imlek telah menjadi bagian dari khazanah kebudayaan Indonesia, Warna yang dipulasnya menguatkan jejak multikulturalisme negeri ini. Indonesia memang kaya perbedaan yang menyatukan, bukan sumber konflik. Imlek menjadi perayaan buat segenap warga negeri ini. Selamat datang Kambing Kayu! (Sumaryanto Bronto/M-1).