Kotak Musik

MEMPERKAYA IMAJI VISUAL DI PANGKALAN BUN

3 Foto Terbaik Historical Landmark Photo Competition Pangkalan Bun


Setelah sukses di empat kota besar di Indonesia, yakni di Bandung, Jakarta, Makassar, dan Yogyakarta. Roadshow Journalistic Photography Workshop, Hunting, and Photo Competition, Dari Balik Lensa bertema 'Historical Landmark', berakhir di Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah, 8-9 November 2014.

Terbatasnya jumlah lokasi yang menjadi landmark kota menjadi tantangan tersendiri bagi peserta. Terbukti, banyak karya peserta yang hampir sama saat review hasil hunting foto.

Ketika sore menjelang, workshop hari pertama diakhiri pemaparan kiat-kiat berburu. Keesokan harinya, dua foto terbaik setiap peserta dikumpulkan dan dipresentasikan.

Komenta, kritik, dan saran mentor dan sesama peserta menjadi tolak ukur bersama, sehingga hanya terpilih 11 foto terbaik.

"Di era digital, tantangan membuat foto bagus tidaklah sulit, dibanding dulu yang terbatas rol film, iso, dan sebagainya. Latih sesivitas terhadap sekeliling, lakukan pravisualisasi, perkaya imaji visual yang akan membuat karya foto berbeda kendati lokasinya sama. Semakin banyak referensi, semakin mudah menangkap objek yang sama," ungkap sang mentor, Kepala Divisi Artistik dan Foto Media Indonesia, Hariyanto.