Kotak Musik

MENCARI GOLDEN TIME

3 Foto Terbaik Historical Landmark Photo Competition Yogyakarta


Berawal dari pertanyaan salah satu peserta seusai slide show kumpulan foto terbaik karya fotografer Media Indonesia dan penjabaran materi, golden time menjadi istilah yang populer bagi 50 peserta workshop di Ruang Audio Visual, Taman Pintar, Yogyakarta, 11-12 Oktober 2014.

Golden time yang dimaksud adalah waktu terbaik memotret, biasanya 1 jam menjelang dan 2 jam setelah matahari terbit, serta 2 jam menjelang dan 1 jam setelah matahari tenggelam.

"Tapi, dalam fotografi setiap saat, setiap ada kesempatan adalah golden time. Tidak ada batas waktu untuk mendapatkan foto terbaik," ujar mentor yang merupakan Kepala Divisi Artistik dan Foto Media Indonesia Hariyanto.

Yogyakarta menjadi kota ke-4 dalam rangkaian Roadshow Journalistic Photography Workshop, Hunting, and Photo Competition Dari Balik Lensa bertema Historical landmark. Peserta yang umumnya sudah mengetahui teknik fotografi begitu antusias menyimak setiap ilmu dan pengalaman yang dibagikan.

Seperti pada event sebelumnya, setelah peserta dibekali materi untuk membuka wawasan, para peserta diberi kesempatan untuk hunting foto dan kemudian di-review bersama-sama.

Setiap peserta berkesempatan mempresentasikan karya foto terbaiknya. Komentar, kritik, dan saran dari mentor dan sesama peserta bebas dilontarkan.


Kemudian seluruh peserta diajak menentukan 20 foto pilihan dan selanjutnya mentor bersama tim foto Media Indonesia menentukan 10 foto nominasi serta 3 foto terbaik. Terima kasih buat para peserta, selamat buat yang juara!