Kotak Musik

PEMENANG FOTO MOMEN SAMBUT 2015


TAHUN baru bukan hanya dimaknai pergantian tanpa arti. Tahun baru adalah awal untuk memulai lembaran baru. Masyarakat menyambutnya dengan kemeriahan dan gegap gempita.

Ribuan bahkan jutaan batang kembang api dinyalakan di seantero negeri, mulai dari kota hingga ke pelosok nusantara. Cahaya kembang api yang menyinari gelap malam seakan mewakili harapan masyarakat untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik, kehidupan yang lebih indah dari sebelumnya.

Ada juga masyarakat yang menjadikan momen pergantian tahun sebagai saat yang tepat untuk merenung, melihat kembali perjalanan masa lalu. Ribuan lampion diterbangkan beriring harapan, doa dipanjatkan. Selamat tinggal masa lalu, selamat datang awal yang baru.

Beragam cara dalam menyambut datangnya tahun baru itu menjadi objek yang sangat menarik bagi penggemar fotografi. Berbagai macam momen pergantian tahun tersebut berhasil direkam ratusan fotografer yang mengikuti lomba foto dengan tema Momen Sambut 2015 yang diadakan komunitas Dari Balik Lensa, Media Indonesia.

Dari ratusan foto yang masuk, foto karya Angelus dengan judul Pergantian Tahun di Lapangan Monumen Nasional berhasil mencuri perhatian dewan juri yang diketuai Kepala Divisi Foto dan Artistik Media Indonesia Hariyanto.

Foto tersebut berhasil merekam ribuan orang berkumpul di seputaran lapangan Monumen Nasional, sedangkan ribuan pancaran kembang api seakan menari membelah gelap langit Ibu Kota.

Adapun foto pemenang kedua karya Mulya Yudha Kartika menceritakan remaja mengisi malam pergantian tahun dengan menerbangkan lampion sebagai simbolisasi doa dan harapan.

Sementara itu, foto karya Eni Setyawati tentang detik-detik pergantian tahun yang dirayakan kalangan tua muda menempati posisi ketiga.