Kotak Musik

INSPIRASI DARI WORKSHOP JURNALISTIK FOTO




Antusiasme peserta mewarnai Workshop, Hunting, and Photo Competition Dari Balik Lensa bertema Historicak Landmark, yang digelar Media Indonesia di Kota Bandung, Jawa Barat, akhir pekan lalu. Arahan Hariyanto, fotografer senior Media Indonesia saat membuka acara di Gedung Indonesia Menggugat, mendapat perhatian besar dari peserta yang kebanyakan mahasiswa.

"Setelah ikut workshop ini, saya tidak takut untuk mengikuti lomba foto. Kamera saya memang poket, tapi untuk mendapatkan foto yang bagus, saya yakin tidak hanya ditentukan jenis kameranya," papar Rina Rianasari, salah satu peserta.

Sehari-hari Rina bekerja sebagai editor di sebuah perusahaan percetakan. Ia hobi mengabdikan setiap kejadian yang dilihatnya.

"Saya ikut lomba foto ini dan tidak takut bersaing dengan peserta lain yang kebanyakan anak muda dan mahasiswa," tandas Rina.

Optimisme juga diperlihatkan sejumlah peserta lain. Beragam kamera menjadi senjata mereka, mulai dari kamera saku hingga kamera profesional.

Suasana Gedung Indonesia Menggugat yang bersejarah, lokasi Soekarno menjalani sidang pemerintahaan kolonial Belanda, menjadi inspirasi tersendiri.

Suntikan motivasi sejak awal sudah disuarakan Hariyanto di dalam kelas. Setiap peserta didorong untuk tidak menyerah, terutama karena kendala peranti.

Foto jurnalistik yang baik, menurut Kepala Divisi Artistik dan Foto Media Indonesia itu, harus bisa menginspirasi, mengundang emosi, baik senyum, sedih, maupun tertawa bagi orang yang melihatnya. Untuk itu, ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi.

"Di antaranya fotografer harus memiliki banyak perbendaharaan visual sehingga dia akan membawa imajinasi yang berwarna serta mampu mengambil sudut foto yang tepat. Kita harus sering melihat hasil foto orang lain supaya memiliki banyak perbendaharaan visual yang akan membawa kita memiliki pengalaman mengambil gambar baik," tambahnya.

Syarat lain untuk membuat foto jurnalistik yang baik yakni pravisualisasi, atau tindakan menguasai cara-cara atau teknis mengambil foto.