Kotak Musik

LESTARIKAN CAGAR BUDAYA MELALUI FOTOGRAFI

3 Foto Terbaik Historical Landmark Photo Competition Makassar


Di aula Fort Rotterdam atau Benteng Ujung Pandang, peninggalan Kerajaan Gowa-Tallo, Makassar, pada 6-7 September, sejak pukul 08.00, puluhan peserta mengikuti pelatihan Dari Balik Lensa Historical Landmark yang diselenggarakan Media Indonesia

Acara dibuka slide show puluhan foto karya fotografer Media Indonesia. Pembekalan materi foto jurnalistik baik single dan story foto dikupas tuntas Kepala Divisi Artistik dan Foto Media Indonesia, Hariyanto, sehingga membuka wawasan para peserta.

"Kegiatan ini untuk mengajak para peserta peduli dengan pelestarian cagar budaya Indonesia melalui fotografi" ujar Hariyanto

Selanjutnya peserta diberikan kesempatan untuk memotret di sekitar Fort Rotterdam dan kemudian di-review langsung bersama-sama.

Sebanyak 61 foto dari 31 peserta "direview" dan sekaligus dilakukan penjurian. Satu per satu peserta diberikan kesempatan mempresentasikan karya foto yang menjadi andalannya.

Komentar, kritik, dan saran dari mentor dan sesama peserta pun dilontarkan. Berbagai hadiah seperti buku fotografi dan suvenir dibagikan kepada setiap peserta yang kritis atau membawa penyegaran.


Setelah semua karya foto dipresentasikan, peserta diajak untuk memilih 20 foto terbaik yang akan menjadi nominasi. Dan selanjutnya mentor sekaligus juri dibantu asisten memilih 10 foto dan menentukan pemenang yang akan mengikuti grand final di Jakarta dengan total hadiah Rp115juta.